Serahkan Esokmu Pada Allah, Ridho Pada Apa Yang Sudah Terlewatkan Kemarin, Dan Fokuslah Lakukan Terbaik Hari Ini


Hidup ini sesungguhnya berjalan sekarang dengan apa yang kamu miliki sekarang.

Karena itu, pastikan kamu melakukan yang terbaik di masa sekarang

Bukan terus khawatir pada apa yang belum terjadi di masa depan. Ataupun menyesali masa lalu yang sudah terlanjur terjadi.

Justru jika kamu merasa cukup khawatir dengan masa depanmu, maka persiapkan sebaik mungkin di masa sekarang. Begitupun, saat ada penyesalan dari masa lalu, maka damaikan hati dengan menjadi yang lebih baik sekarang ini.

Fokus Pada Masa Sekarang Akan Membuat Hati Lebih Tenang dan Penuh Rasa Syukur

Rasululloh shollallahu'alaihi wa sallam mengajarkan kita ...

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

“Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi)

Rasa tenang dan bersyukur dapat dinikmati ketika kamu fokus pada masa sekarang atau hari ini.  

Kamu fokus bekerja dengan baik, makan makanan terbaik yang disajikan hari ini, serta berkumpul dengan keluarga dan menikmati momen kebersamaan. 

Terlalu Khawatir Pada Masa Depan Dan Menyesali Masa Lalu Hanya Akan Membuat Pola Stress Yang Berulang 

Justru yang membuat dirimu stress adalah rasa khawatir berlebihan pasa masa depan, serta penyesalan yang terlalu dalam pada masa lalu. 

Padahal masa depan bisa dipersiapkan dengan baik hari ini, begitupun masa lalu bisa terus diperbaiki sampai hari ini. 

Pahami Konsep Tawakkal dan Ikhlas Dengan Lebih Baik. Dengan Begitu Setiap Langkahmu Akan Terasa Ringan dan Mudah 

Untuk menghadapi kekhawatiran akan masa depan. Islam sudah mengajarkan konsep tawakkal. Dimana, kita diperintahkan, berjuang serta beriktiar sebaik mungkin sekarang, kemudian memasrahkan hasilnya di masa depan nanti sepenuhnya pada Allah. 

Yakin saja apapun hasilnya itu memang yang terbaik. Bahkan jika gagal, kecewa atau sulit pun. Ada banyak hikmah yang bisa didapatkan. 

Sedang untuk masa lalu, kita diajarkan untuk lebih ikhlas, yaitu kemauan untuk menerima kenyataan tanpa membenci keadaan. Apa yang sudah terjadi memang sudah jadi jalan takdir setiap orang. Jika memang ada yang salah atau disesali. Kamu punya kesempatan bertobat dan memperbaiki diri seumur hidup. 

Karena Itu Serahkan Hari Esok Pada Allah, dan Ridholah Dengan Hari Kemarin. Fokus Lakukan Yang Terbaik Hari Ini. 

Apapun yang terjadi esok hari, yakin Allah sudah mempersiapkan yang terbaik. Apalagi kamu juga sudah berikhtiar sebaik mungkin sekarang ini. 

Begitupun, apa yang terlanjur terjadi di masa lalu, ridho dan ikhlaslah menerimanya. Sembari terus berusaha memperbaiki diri. 

Sedang di masa sekarang, jalani, nikmati dan syukuri. Sungguh, jangan mendustakan nikmat Allah, karena sebenarnya ada banyak hal baik yang kamu dapatkan di tengah satu dua ujian yang hadir. 

Karena bagaimanapun hidup itu tentang hari ini, bukan masa depan ataupun masa lalu. 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments